Selasa, 08 Januari 2013

Algoritma

Algoritma adalah langkah detail yang ditunjukan untuk komputer guna menyelesaikan suatu masalah. Yang disebut dengan algoritma ini beda dengan program, karen algoritma bersifat bebas terhadap bahasa program.

Istilah Algoritma berasal dari nama seorang pengarang kebangsaan Arab bernama abu Ja'far Mohammed ibn Musa al Khowarizmi (789-840), yang sangat tekenal sebagai "Bapak Aljabar".

Sejauh ini belum ada standarisasi tentang bagaimana menyusun algoritma. Secara prinsip, kita memiliki kebebasan untuk menyusun suatu bentuk algoritma. Kita bisa saja menggunakan bahasa manusia, atau bahkan diagram alir untuk mewujudkan suatu algoritma.

Biar pun begitu, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan pada saat menyusun suatu algoritma.

- Finiteness, menyatakan suatu algoritma harus berakhir untuk semua kondisi setelah memproses sejumlah langkah.

- Definiteness, menyatakan bahwa setiap langkah harus dinyatakan jelas, tidak asal, atau memiliki dua arti.

- Masukan. Setiap algoritma bisa tidak memiliki masukan atau mempunyai satu atau beberapa masukan. Masukan merupakan suatu besaran yang diberikan di awal sebelum algoritma diproses.

- Keluaran. Setiap algoritma memiliki keluaran, keluaran merupakan besaran yang mempunyai kaitan atau hubungan dengan masukan.

- Efektivitas. Setiap algoritma diharapkan bersifat efektif, dalam arti semua operasi yang dilaksanakan oleh algoritma haruslah sederhana dan dapat dikerjakan oleh algoritma dalam waktu yang terbatas. Secara prinsip semua intruksi dalam algoritma dapat dikerjakan oeh orang dengan hanya menggunakan kertas dan pulpen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar